Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI

Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang BELAJAR FOTOGRAFI ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pemula, Artikel Phonegraphy, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI
link : Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI

Baca juga


Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI


Kamera yang ditanamkan pada smartphone semakin naik kelas dengan adanya fitur-fitur yang mekanisme penggunaannya hampir menyamai kamera SLR, sehingga sangat membantu kita untuk mempelajari teknik dasar fotografi.

Saya sendiri menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note GT-N7000, dengan resolusi kamera depan sebesar 8Mp. Manual kontrol yang tersedia pada kamera ponsel saya yaitu White Balance, ISO, Focus Seting, Metering dan Exposure auto, namun tidak memilki Shutter Speed.

Khusus untuk bermain fokus, perlu Anda ketahui bahwa ini erat hubungannya dengan cara Anda menekan tombol shutter. Tombol shutter adalah tombol yang Anda tekan untuk mengambil gambar (memotret).

Bila pada kamera SLR ada aturan atau cara yang benar menekan tombol shutter, maka pada smartphone juga berlaku hal yang sama sekalipun layar smartphone Anda adalah Touch Screen. Meskipun tidak semua jenis ponsel memiliki tombol shutter yang cara penggunaannya mirip seperti SLR, tapi karena perkembangan teknologi smartphone sehingga sekitar 80% kamera ponsel memiliki mekanisme penggunaan yang mirip bahkan ada yang sama seperti kamera SLR.

Apakah Anda pernah mendapati hasil bidik Anda tampak buram / blur? Hal itu bukan hanya disebabkan tangan yang goyang (hand shake) saat memotret akan tetapi bisa juga disebabkan oleh cara Anda yang salah saat menekan tombol shutter.
Pada kamera SLR, shutter release ditekan separuh sambil mengunci fokus pada subjek, dan setelah subjek  telah terkunci maka tekan penuh (full) shutter release untuk mengambil gambar. Bila ingin membantalkan kalian cukup melepaskan jari dari tombol shutter.

Pada kamera smartphone saya memliki cara kerja tombol shutter yang mirip kamera SLR. Padahal layar ponsel saya adalah layar sentuh (Touch Screen) termasuk tombol shutter digital yang cukup disentuh / diketuk saja untuk mengambil gambar. Jadi, ketika saya memotret maka saya menekan tombol shutter sambil menahannya (posisi jari tetap menempel pada tombol shutter). Ketika saya melepas / mengangkat jari saya dari tombol shutter maka kamera akan melakukan pengambilan gambar. Cara ini gunanya untuk mengatur fokus yang bekerja secara auto pada subjek / objek sebelum melakukan pengambilan gambar. Sedangkan untuk membatalkan pengambilan gambar, saya cukup menggeser jari (ingat! jari tetap menempal pada layar) keluar dari area tombol lalu lepaskan.

Namun jika tombol shutter pada kamera smartphone Anda bukan tombol digital yang terletak pada layar ponsel, atau katakanlah dia terpisah dan berada di sisi ponsel, maka cara kerjanya sama dengan kamera SLR yaitu menekan separuh untuk mengunci fokus dan tekan penuh untuk memotret.

Ini cara kerja tombol shutter pada kamera smartphone saya tapi saya sudah mencobanya pada kamera smartphone jenis lain dan kemungkinan besar kamera smartphone yang Anda miliki juga mempunyai cara kerja yang sama.

Silahkan buktikan & selamat mencoba!


Demikianlah Artikel Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI

Sekianlah artikel Cara Menekan Tombol Shutter Pada Kamera Ponsel | BELAJAR FOTOGRAFI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: